majalahtabligh.com

Liburan di Masa Pandemi, Begini Caranya Kontrol Keuangan Biar Gak Tekor


Jakarta - Menikmati musim liburan tahun ini harus memperhatikan kondisi keuangan. Liburan tahun ini memang berbeda dari tahun lalu. Tantangan yang dikhawatirkan adalah keuangan yang sudah sulit, bukan berarti melewati liburan.

Pandemi ini membuat aktivitas sehari-hari, bahkan acara khusus jadi terganggu. PHK, penutupan bisnis dan lainnya pun masih berlanjut walaupun liburan sudah tiba.

1. Mengerti Keadaan

Sebelum mempersiapkan liburan, setidaknya perlu melihat kembali bagaimana keadaan beberapa bulan terakhir. Seperti, kehilangan pekerjaan atau ada masalah kesehatan.

Semua itu mungkin mempengaruhi musim liburan tahun ini. Tidak apa jika tidak pulang kampung, atau tidak pergi jalan-jalan bersama keluarga. Luangkan waktu bersama keluarga atau pasangan di rumah juga membantu meminimalisir pengeluaran.

2. Rencanakan Pengeluaran

Setelah mengetahui apa yang diinginkan untuk liburan tahun ini. Hal pertama yang dilakukan adalah menetapkan anggaran untuk diri sendiri di masa depan.

Boleh berbelanja sesekali, masalahnya perhatikan apa yang ingin dibeli. Belanjakan uang yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Menutup pengeluaran bulan depan, sehingga keuangan tetap stabil.

3. Kreatif Tidak Ada Salahnya

Coba membuat hadiah sendiri, pikirkan apa yang dapat diberikan dengan biaya rendah bahkan tidak mengeluarkan uang sedikitpun. Banyak ide untuk membuat hadiah dan menyelamatkan keuangan saat ini.

4. Alihkan Uang Liburan

Kebanyakan orang mungkin sudah memiliki budget yang disisihkan untuk liburan. Sebaiknya, habiskan lebih banyak uang untuk bepergian nanti saat kondisi sudah normal.

5. Berhenti Jadi Tuan Rumah

Setelah pemberian hadiah dan perjalanan, biaya tuan rumah juga tidak sedikit. Hindari mengadakan pesta bersama keluarga di rumah Anda.

Pengeluaran yang besar selama liburan harus dibatasi. Perhatikan batasan jumlah orang yang dapat berkumpul dan perhatikan protokol kesehatan.[]

Sumber : Warta Ekonomi

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar