Kemendikbudristek Dorong Startup Manufaktur dan Industri


JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong meningkatnya perusahaan startup sektor manufaktur dan industri. Sebab saat ini, startup didominasi oleh digital.

"Kalau biasanya startup didominasi oleh startup digital tentu sangat penting bagi kita selanjutnya untuk mendorong membangun startup manufaktur maupun industri. Kerjasama dengan Kementerian Perindustrian ini sangat kami sambut dengan baik untuk selanjutnya berdampak bagi kemajuan industri dan kemajuan SDM yang unggul," kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Nizam, dalam keterangannya Selasa (1/6).

Indonesia merupakan negara dengan jumlah startup tertinggi di Asia dan peringkat kelima di dunia. Sebanyak sebelas unicorn dan decacorn di Asia Tenggara, enam diantaranya lahir di Indonesia. "Ini adalah fakta generasi milenial Indonesia yang luar biasa melahirkan startup baru," kata Nizam menambahkan.

Terkait hal ini, Kemendikbudristek menyelenggarakan kegiatan Startup4industry. Kegiatan ini diperkuat melalui ekosistem Kedaireka, yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2020 dan mendapatkan dukungan dari perguruan tinggi dan dunia usaha dunia industri (DUDI).

Belasan ribu dosen dan ratusan industri sudah bergabung membantu kemajuan startup di bidang industri. Kedaireka nantinya akan menjadi penghubung antara permintaan dan penawaran di dunia industri.    

"Demand itu adalah kita lihat dari sisi pasar dan sisi industri. Supply itu adalah kita lihat dari sisi perguruan tinggi dalam bentuk talenta, kreativitas, ide, dan inovasi," kata dia lagi.

Sementara itu, Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kemenperin Dini Hanggandari mengungkapkan, Startup4industry ini merupakan sebuah gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari tech startup Indonesia.

"Startup4industry ini memiliki maksud membentuk ekosistem solusi teknologi untuk industri dan masyarakat dan menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider. Startup4industry memiliki tujuan untuk mengakselerasikan startup sebagai technology problem solver bagi industri dan masyarakat. Terlebih di era 4.0 ini, Kementerian Perindustrian berupaya keras melakukan transformasi digital bagi IKM agar siap menghadapi perkembangan teknologi," ungkap Dini.

Sumber : Republika
Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar