majalahtabligh.com

Crowde, Platform Fintech P2P Lending untuk Pembiayaan Petani


Dewasa ini perusahaan startup financial technology peer to peer lending (Fintech P2P Lending) bermunculan cukup banyak di Indonesia. Dari semua perusahaan fintech p2p lending tersebut, ada satu perusahaan yang punya misi memberikan pembiayaan kepada petani, yaitu Crowde.

Apa itu Crowde?

Crowde adalah platform fintech P2P lending yang menyediakan pembiayaan atau permodalan kepada petani di Indonesia. CEO Crowde Yohanes Sugihtononugroho menyebut bisnis crowdlending miliknya ini akan mengumpulan dana investor atau pemberi modal. Kemudian menyalurkan dana tersebut kepada para petani yang memiliki suatu proyek.

Perusahaan fintech p2p lending ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka punya tujuan untuk meningkatkan kesejehteraan para petani di Indonesia. Salah satu cara atau aksi nyatanya adalah membentuk suatu wadah untuk permodalan.

Tidak hanya itu, Crowde juga kerap aktif melakukan edukasi dan sharing informasi kepada masyarakat

Kemudian, barulah Yohanes dkk mengajak masyarakat untuk berinvestasi melalui Crowde dengan nilai awal yang sangat kecil, yaitu Rp 10.000 saja.

Visi Misi Crowde

Perusahaan Crowde terbentuk atas dasar keresahan terhadap nasib para petani di Indonesia. Pasalnya, para petani di Tanah Air kerap menghadapi berbagai macam permasalahan, mulai dari kebutuhan selama masa tanam hingga panen, dan lain sebagainya.

Platform peer to peer lending milik anak bangsa ini telah eksis sejak 2015 dan punya keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. Caranya dengan menghimpun dana dari para pemodal untuk memodali kerja para petani. Hasil modal tersebut akan kembali kepada pemodal dengan skema bagi hasil.

Meski Indonesia merupakan salah satu negara agraris  yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber mata pencarian banyak masyarakat, akan tetapi masih sanagat banyak petani yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mulai dari harga tengkulak murah, hingga masih banyaknya petani yang tidak punya modal dan lahan untuk bekerja.

Jenis Permodalan di Crowde

Ada beberapa jenis permodalan yang dari platform Crowde, apa saja itu? Berikut penjelasannya:

Sistem Pinjaman

Sistem pinjaman di platform ini sama dengan pinjaman pada umumnya, yaitu pihak pemodal memberikan modal, kemudian akan dikembalikan oleh peminjam beserta bunga tambahan. Apabila pembayaran yang dilakukan peminjam mengalami keterlambatan atau gagal bayar, maka akan ada denda yang akan diberikan kepada peminjam modal.

Sistem Bagi Hasil

Sistem ini adalah konsep berbagi hasil dan risiko secara bersama-sama antara kedua pihak. Ini biasanya akan dijelaskan secara teknis pada awal perjanjian, agar para pihak memahami tanggung jawab dan kewajiban masing-masing apabila terjadi suatu hal di luar dugaan.

Sistem Syariah

Berikutnya, adalah sistem syariah, yaitu sistem bagi hasil yang dilakukan atas dasar hukum dan prinsip-prinsip islam, yaitu murabahah dan musyarakah.

Sistem Proyek Petani

Terakhir, adalah sistem proyek petani, yaitu proyek yang tersedia di website Crowde yang telah diajukan oleh petani yang ingin menggarap kegiatan pertaniannya, namun kekurangan dana. Beberapa proyek yang kerap diajukan di antaranya adlaah proyek budidaya, proyek berkebun, proyek beternak, distribusi hasil pertanian sampai proses jual beli hasil pertanian.

Cara Berinvestasi di Crowde

Bagi kamu yang ingin menjadi pemiilik modal atau yang meminjamkan modal kepada petani, kamu sudah dapat memulai investasi tersebut dengan nominal mulai dari Rp 10.000 lho. Hanya saja, sebelum itu kamu harus memiliki akun di website Crowde terlebih dahulu.

1. Klik “Cek Sekarang”

2. Masuk ke akun Crowde kamu lalu pilih “Proyek Permodalan”

3. Kemudian, pilih dan tentukan proyek petani yang membutuhkan dana

4. Jika sudah menemukan proyek yang tepat, silakan masukkan jumlah uang pada proyek yang ingin dimodali, dan klik “Modali Sekarang”

5. Jika ingin membayar menggunakan “Wallet Balance”, kamu dapat memilih “Wallet Balance” di akun kamu.

6. Jika kamu ingin untuk membayar melalui transfer, pilih transfer lewat ATM, Mobile Banking, Flip Id atau Midtrans.

7. Setelah selesai bayar, jangan lupa untuk kirim bukti transaksi ke email tanyakami@crowde.co (proses verifikasi dan konfirmasi akan dilakukan paling lambat 2×24 jam).

8. Jika konfirmasi pembayaran yang kamu kirim tidak diterima selama 2×24 jam, maka kamu dapat melaporkan via Live Chat atau email di tanyakami@crowde.co

9. Terakhir tinggal menunggu konfirmasi permodalan dari Crowde yang akan dikirimkan lewat email.

Penulis : Kontributor / Editor : Gemal A.N. Panggabean

Sumber: Dunia Fintech

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar