majalahtabligh.com

Tingkatkan Ekonomi UMKM Lewat Wirakarya Local

 

JAKARTA--Dampak peningkatan kasus Covid varian baru yang mencapai puluhan ribu kasus tiap harinya memaksa pemerintah melakukan perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara darurat, hal ini sangat mempengaruhi perekonomian terutama bagi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kondisi inilah yang menjadi latar belakang  Wirausaha berdaya karya atau yang kerap disapa Wirakarya, untuk memberikan solusi dengan menyelenggarakan sebuah program kolaborasi antara Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok UPPKA/Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor  (BPP AKU) dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). 

BPP AKU adalah sebuah lembaga tingkat pusat yg membina sektor UMKM di bawah naungan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) dan memiliki kepengurusan sampai tingkat kabupaten/kota. Program BPP AKU melibatkan generasi muda milenial untuk mempromosikan produk UMKM melalui acara Wirakarya Local Hero Festival 2021 yang menjadi sebuah acara kolaborasi milenial dan UMKM pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara Nasional.

Wirakarya dikenal sebagai salah satu gerakan yang bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi melalui sektor UMKM, gerakan yang diprakarsai  GKR Mangkubumi ini merupakan sebuah respons positif untuk mendorong pelaku ekonomi kecil agar tetap tumbuh ditengah kondisi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu setengah tahun ini. Menurut GKR Mangkubumi, Wirakarya Local Hero Festival 2021 merupakan ajang lomba bagi para generasi muda untuk memasarkan produk UMKM melalui 2 kategori lomba. Yaitu live selling competition dan video advertisment competition yang pendaftarannya dibuka hingga tanggal 17 Agustus 2021. Penentuan pemenang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2021 yang bertepatan dengan momentum sumpah pemuda. 

"Melalui lomba ini generasi muda akan memberikan ulasan melalui sosial media terhadap produk UMKM dan mengajak masyarakat untuk membelinya sehingga dapat meningkatkan penjualan UMKM, bagi peserta terbaik ditiap daerah akan menjadi perwakilan untuk mengikuti grand final di acara puncak Wirakarya Local Hero Festival 2021 dan pemenangnya dinobatkan menjadi duta sahabat UMKM Indonesia," terang GKR Mangkubumi. 

Wirakarya dinobatkan sebagai pameran virtual UMKM pertama di Indonesia pada tanggal 24 Juli 2020 dan secara konsisten terus berkarya untuk kemajuan dan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah Indonesia. 

Wakil Ketua Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik PANDI sekaligus Ketua Panitia Program Wirakarya Local Heroes Festival 2021, Isnawan dalam keterangan tertulisnya, Ahad (18/7) berharap program yang dimulai pada Juli tahun lalu tersebut diharapkan mendapat respons yang positif dari masyarakat luas, ditengah keterbatasan ekonomi seperti saat ini. 

"Melalui program ini, diharapkan bisa menjadi sebuah harapan untuk meningkatkan pendapatan dari UMKM dimana kegiatan ini dapat diikuti oleh pelaku usaha dari berbagai kategori usaha seperti makanan minuman, kriya dan busana. Wirakarya Local Hero Festival 2021 merupakan wujud dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk mensukseskan program Bangga Buatan Indonesia," katanya.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar