Produsen Kemasan Bagikan Tips ke UMKM untuk Memikat Hati Konsumen



 JAKARTA -- Persaingan industri yang semakin ketat saat ini menjadi tantangan besar bagi para pemilik UMKM di Indonesia. Mau tak mau, mereka harus memikirkan cara agar produknya tampak lebih menarik dan berbeda daripada produk-produk kompetitornya.

Perusahaan manufaktur kemasan, Boxareus menyebut kesan pertama merupakan hal penting, dan kemasan sering kali menjadi kesan pertama konsumen terhadap suatu produk. Owner Boxareus Velix menyebut fungsi utama kemasan ialah melindungi produk agar tetap aman. Namun tanpa sadar, penggunaan kemasan kerap disepelekan sebagian pemilik UMKM dan dirancang seadanya hanya untuk membungkus produk.

Nyatanya selain memberikan perlindungan untuk produk, kemasan juga bisa menarik perhatian konsumen agar tertarik membeli produk. Bahkan, kemasan yang cantik atau unik bisa membuat konsumen terus mengingat merek produk itu sendiri. Dengan demikian, kemasan produk merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan oleh produsen.

Boxareus  sendiri adalah perusahaan manufaktur kemasan yang fokus memproduksi kemasan box siap pakai. Didirikan oleh Mirages Printing, perusahaan offset terkemuka yang sudah berdiri sejak 1984. 

Velix mengatakan sejak beroperasi di 2015 hingga saat ini, Boxareus memiliki ratusan model dan ukuran kemasan serta telah melayani puluhan ribu pelanggan lokal, mulai dari pemilik UMKM hingga brand lokal ternama. 

"Kami juga membantu para customer yang baru memulai usaha dan membutuhkan branding packaging dalam skala besar maupun kecil. Bersama kami, para pengusaha kecil juga bisa mendapat akses untuk kemasan yang baik dan siap bersaing di pasar.”

Saat ini, Boxareus memiliki dua unit bisnis, yaitu Boxareus Ready Box dan Boxareus Custom. Boxareus Ready Box menyediakan ratusan model dan ukuran kemasan siap pakai berbahan dasar aneka karton soft box dan gelombang. Kemasan box ini bisa dibeli langsung melalui online marketplace dengan jumlah kecil sehingga cocok untuk UMKM.

Setiap menjelang perayaan besar, Boxareus juga selalu menghadirkan Box Seasonal-nya yang berupa kemasan box bertema Idul Fitri, Natal, dan Imlek. Ini memudahkan para pemilik UMKM yang ingin berjualan selama high season, karena akan ada banyak konsumen yang ingin membeli hampers dengan kemasan box bertema perayaan-perayaan tersebut.

Dengan ratusan pilihan kemasan box, pemilik UMKM tidak perlu mengluarkan biaya besar untuk menyewa seorang desainer atau memiliki pengetahuan mendalam tentang industri percetakan. Ready Box secara umum digunakan untuk produk camilan, hampers, sayur mayur, baju, art & crafts, dan lain-lain.

Sementara itu, Boxareus Custom adalah solusi kemasan box yang dapat dimodifikasi secara khusus sesuai permintaan, dan dibeli dalam jumlah massal. Unit ini terbagi menjadi 2, yaitu Full Custom dan Ready + Logo. Full Custom merupakan solusi untuk branding, kemasan ekslusif, bisnis yang sedang berkembang pesat dan memerlukan pesanan berulang dalam jumlah ratusan hingga ribuan. 

Untuk Ready + Logo, kemasan yang digunakan adalah dari pilihan Ready Box, ditambah logo yang dicetak dengan cara Heat Press / Screen-Printing. Dengan pesanan jumlah 100pcs saja, pengusaha dapat memiliki kemasan eksklusif dengan logo mereka pada permukaan box. 

“Kami menyediakan box ready stock inovatif yang dibutuhkan pasar modern saat ini. Proses manufaktur kami menggunakan pilihan bahan lokal berkualitas, dan prosesnya dirancang seefisien mungkin serta meminimalisir dan mendaur ulang limbah. Setiap produk perlu dikemas dengan kemasan yang meningkatkan daya jual. Karena bagi kami kemasan yang baik bukan sekedar mengemas, tetapi membantu perkembangan brand,” tutur Anna sebagai Product Designer Boxareus.


Sumber : Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar