majalahtabligh.com

Saham GOTO Sentuh Level Terendah, IHSG Hampir Jebol ke Level 6.400


JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mengalami tekanan pada perdagangan hari ini, Jumat (13/5/2022). Pada sesi pertama, IHSG kembali dibuka melemah ke posisi 6.586,77 dan terus turun hampir meninggalkan level 6.500.     

Investor asing tercatat masih melakukan aksi jual terhadap saham bank besar seperti BBRI, BBCA, dan BMRI. Sedangkan GOTO terus turun hingga mencapai level terendahnya sejak melantai di Bursa Efek Indonesia ke level 194.

Demikian hal dengan saham BUKA yang kembali terkoreksi di atas 5 persen dan saat ini berada di posisi 274. Dalam sepekan, GOTO dan BUKA telah terpangkas hingga 28 persen. Keduanya juga sering masuk dalam daftar saham top losers.

Phillip Sekuritas Indonesia memperkirakan, IHSG masih berpotensi melemah hingga akhir perdagangan hari ini. Pelemahan IHSG sejalan dengan indeks saham utama di Wall Street yang ditutup turun semalam. DJIA memperpanjang rangkaian penurunan menjadi enam hari beruntun.

 "Aksi jual di picu oleh tekanan inflasi yang belum mereda serta kekhawatiran bahwa pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral AS (Federal Reserve) mungkin akan di lakuakan secara lebih agresif dari yang diantisipasi investor sehingga berpotensi memperlamabat laju pertumbuhan ekonomi AS," tulis Phillip Sekuritas Indonesia dalam risetnya, Jumat (13/5).  

Di pasar obligasi, imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah AS US Treasury Note) bertenor 10 tahun turun hampir 5 bps menjadi 2,87 persen. Hal ini lantaran investor masih terus mencari rasa aman dan membanjiri pasar obligasi di tengah tekanan jual di pasar saham.

Di pasar komoditas, harga minyak mentah naik karena larangan impor minyak mentah asal Rusia oleh Uni Eropa (UE) dinilai akan semakin memperketat pasokan global. OPEC kembali memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak global untuk 2022 selama 2 bulan beruntun sebagai dampak dari invasi Rusia ke Ukrania, lonjakan inflasi dan gelombang penularan virus Covid-19 di Cina. []

Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar