728x90.id

Ketua Gernas UMKM Nilai, Pelaku Usaha Harus Bersatu dengan Pemerintah


  

JAKARTA -- Ketua Gerakan Nasional  (Gernas) UMKM Bangkit, Teguh Anantawikrama mengingatkan, dunia UMKM harus bersatu bersama pemerintah menghadapi goncangan ekonomi global. Hal itu karena, memiliki efek ledakan ke Indonesia, sesuai istilah Sri Mulyani yang menyebutnya Goncangan luar biasa. 

"UMKM merupakan satu-satunya perisai rakyat di tengah krisis dan liberalisasi yang membuat harga sembako, pangan, pendidikan, dan lainnya terus naik. Oleh sebab itu mari kita bersama-sama jaga dan kembangkan dunia UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar reruntuhan ekonomi kedepan pendarahannya semaksimal mungkin kita tahan"ujar Teguh dalam siaran pers pada Jumat (29/7/2022).

Ia melanjutkan, ancaman krisis pangan dan krisis iklim yang dapat mengguncang ke depan, pemerintah utamanya perlu memaksimalkan perannya memasuki masa terowongan gelap yang membuat sekitar gaduh. "Dunia waktu nya berputar dan itu yang membuat situasi tak beraturan jauh dari dugaan termasuk krisis pandemi sebelumnya, kita perlu ekstra Hati-Hati dan guncangan psikologis atau kebingungan bahkan termasuk pemerintah," tuturnya.

UMKM harus sadarkan diri dan bertahan sebagai perisai Kestabilan nasional. Pemerintah maupun pengusaha besar juga menurutnya, harus didoakan supaya dapat lebih besar lagi menjaga UMKM sekitar. "Sebab kalau situasi tak stabil, pelaku bisa sama-sama jadi abu," kata Teguh.

Dirinya melanjutkan, Gerakan Nasional UMKM Bangkit tak akan Tinggalkan pemerintah ikut memperdayakan masyarakat UMKM. "Kita kencangkan ikat ping gang, Saling bantu dan bersiap hadapi krisis semoga kita selamat sampai puncak dan tidak jatuh beruntun kebawah," ujar dia.

Teguh melanjutkan, perlu upaya membangu supply chain UMKM dan jaringan distribusi sesama UMKM. "Kita perlu merapatkan barisan agar terjangan Inflasi tidak membuat kita para pelaku UMKM bertumbangan. Saat nya kita membuktikan, kita pelaku usaha yang tangguh dan sanggup menjadi penyangga ketahanan ekonomi bangsa, saatnya kita gali kembali spirit perjuangan ekonomi para pejuang ekonomi kerakyatan seperti Bung Hatta, Samanhudi, Adi Sasono dan lainnya dalam membangkitkan ekonomi UMKM sampai pelosok desa," tuturnya. 


 Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar