Produk Digital

E10 : BBM Dari Rakyat Untuk Rakyat



 Hari-hari ini ada wacana penghapusan premium dan pertalite yang sedang diperdebatkan di atas, sedangkan rakyat kebanyakan seperti kita-kita tetap dalam gelap - sulit memahami what going on actuall

 Apapun kebijakan yang nantinya ditempuh, rakyat harus yang paling diuntungkan. Dan menurut saya, ini hanya bisa terjadi bila rakyat kebanyakan dibina dan diberi kesempatan untuk bisa ikut mengisi kebutuhan bahan bakar kita sendiri - minimal sebagiannya.

Konsep E10 misalnya, yaitu 10% Ethanol dalam campuran bensin - sangat mungkin diberikan ke masyarakat luas untuk kesempatan men-supply Ethanol-nya. Selama ini memang ada dua kendala besar dalam produksi Ethanol ini, tetapi keduanya kini berhasil kita atasi.

Kendala pertama adalah bahan baku yang berebut dengan pangan, kini tidak lagi karena dengan menggunakan Crude Enzyme yang murah kita bisa mengolah semua limbah lignosellulosa menjadi Ethanol.

Kedua adalah pemurnian Ethanol menggunakan distilasi biasanya boros sekali energi. Untuk ini kita bisa gunakan dua pendekatan, yaitu menggunakan limbah panas industri dan yang kedua adalah menggunakan dua membran - Hydrophobic dan Hydrophilic, dengan teknologi membran ini energi untuk pemurnian Ethanol bisa 80% lebih rendah dari distilasi biasa.


Sumber : geraidinar.com

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

PebisnisMuslim.com adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar