728x90.id

Beda Toko Online dan Kelebihannya Dibandingkan Marketplace


 JAKARTA -- Toko online merupakan platform jual beli dan tempat bertransaksi yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja kapan saja, di mana saja, selama terhubung dengan internet.

Salah satu ciri khas toko online, adalah keberadaan alamat Uniform Resource Locator (URL) yang dapat diakses menggunakan browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, hingga UC Browser.

Toko online memberikan keuntungan bagi pengusaha yang memiliki brand karena bisa mem-branding dan membuat strategi marketing sendiri, serta terbebas dari persaingan yang biasa terjadi  marketplace.

Selain itu, toko online juga memiliki keunggulan dalam segi branding yang sulit untuk dilakukan jika Anda berjualan di marketplace. Menanggapi hal itu, praktisi usaha online sekaligus CEO Jwalbli.com, R. Btara Putra Hartanto, memberikan sejumlah opini soal keunggulan toko online dibandingkan marketplace. Apa saja itu? Berikut penjelasannya:

1. Tidak ada persaingan

Jika Anda berjualan marketplace, Anda harus ikut berkompetisi dengan banyak pesaing sehingga margin Anda harus menjadi sangat tinggi demi mencapai profit. 

Toko online merupakan webstore yang hanya menjual dari Anda sebagai pemilik usaha. Adanya toko online, Anda tidak akan menemukan kompetitor dan terjebak ke dalam persaingan harga dengan produk impor atau pesaing lainnya, seperti yang biasa terjadi marketplace.

2. Anda memegang kendali

Anda memiliki kuasa dan kendali penuh atas toko online Anda. Pasang harga sesuai yang Anda inginkan. Atur promo suka-suka. Buat campaign yang pas dengan brand Anda. Bangun sistem dan aturan yang sesuai dengan preferensi Anda.

3. Produk lebih bernilai

Tidak semua komoditas bisa dijual marketplace. Misalnya, Anda adalah pelaku UKM lokal yang menjual produk ciri khas daerah asal. Jika Anda menjual produk tersebut di marketplace, tak butuh waktu lama khusus barang itu terduplikasi. Anda akan dibuat heran dengan adanya pesaing yang berani mengeluarkan biaya produksi rendah dan harga jual yang jauh lebih murah.

“Selain terjebak dalam perang harga, nilai dari ciri khas daerah tersebut akan hilang di mata orang,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (7/7/2022).

4. Brand awareness tinggi

Toko online cocok khusus investasi jangka panjang karena akan membuat brand Anda lebih dikenal oleh pelanggan. Dalam jangka pendek, orang akan tergiur dengan harga murah suatu produk. 

Namun dalam jangka panjang dan seiring dengan tingginya pengetahuan, pelanggan akan lebih memilih dapat  bertransaksi dengan brand yang berkualitas dan memberikan pengalaman belanja unik.

Jwalbli.com hadir sebagai platform penyedia jasa pembuatan Toko Online dimana Anda bisa membuat Toko Online dengan sangat mudah. Anda pun bisa langsung mendapatkan keunggulan-keunggulan yang sudah dijabarkan diatas. Proses pembuatan Toko Online pun sangat praktis. Mempermudah dalam mengembangkan Brand Anda agar semakin berkembang.

Pelanggan loyal biasa membeli barang berdasarkan value dan visi misi dari bisnis Anda. Dengan toko online, Anda bisa melakukan branding dengan leluasa, baik dari komunikasi, maupun lewat warna serta desain template toko online yang Anda miliki.


Sumber: Republika

Share on Google Plus

About PebisnisMuslim.com

Pebisnis Muslim News adalah situs informasi bisnis dan ekonomi Islam yang dikelola oleh Pebisnis Muslim Group.

0 komentar:

Posting Komentar